Selasa, 30 Mei 2023

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disarpus) Kabupaten Karanganyar menjalani akreditasi perpustakaan oleh Direktorat Stadarisasi dan Akreditasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Selasa, 30 Mei 2023. Akreditasi perpustakaan merupakan rangkaian kegiatan proses pengakuan formal oleh lembaga akreditasi perpustakaan. Perpustakaan Nasional RI yang menyatakan bahwa suatu lembaga perpustakaan telah memenuhi persyaratan minimal untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan.

Perpustakaan dapat dikatakan berkualitas jika dapat memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu yang telah ditetapkan dalam Standar Nasional Perpustakaan. Acuan standar tersebut akan sangat berdaya guna jika dapat diimplementasikan di perpustakaan yang dapat dibuktikan dengan adanya akreditasi oleh lembaga independen. Melalui akreditasi pulalah dapat diketahui sejauh mana suatu standar telah dilaksanakan yang didukung dengan bukti bukti yang objektif. Akreditasi perpustakaan dapat meningkatkan kepercayaan  masyarakat terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan.

Penilaian akreditasi perpustakaan pada Disarpus Kabupaten Karanganyar dilakukan oleh tim asesor dari  Perpustakaan oleh Drs. Budi Kurniawan dengan anggota tim Tia Wijayadi, S.I.Pust. Kedatangan tim asesor disambut secara langsung oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karanganyar, Ibu Nurhayati, A.P., M.M., didampingi oleh Kepala Bidang Perpustakaan, Ibu Paryati, SH,MM beserta Para Pustakawan.

Proses penilaian akreditasi di Perpustakaan umum Kabupaten Karanganyar berjalan dengan lancar dan lebih efektif karena sudah terbagi menjadi beberapa kelompok yang bertanggung jawab sesuai dengan komponen yang dinilai. Usai penilaian, tim asesor menyampaikan review hasil penilaian serta perolehan nilai sementara. Akhirnya, Tim Asesor Akreditasi Perpusnas RI Drs. Budi Kurniawan menutup hasil review tim asesor dengan membacakan nilai sementara yang diperoleh Perpustakaan Umum Kabupaten Karanganyar. Hasil perolehan nilai sementara akreditasi perpustakaan umum Kabupaten Karanganyar memperoleh nilai sementara 92,90 atau kategori A. Pencapaian ini pun disambut baik oleh Kepala Disarpus Kabupaten Karanganyar berserta jajarannya.

Nilai sementara akreditasi yang diperoleh Perpustakaan Umum Kabupaten Karanganyar dapat berkurang tapi juga dapat bertambah apabila tim Disarpus dapat memenuhi komponen yang masih kurang dengan batas waktu pengumpulan berkas komponen yang ditentukan oleh tim asesor. Nantinya perolehan nilai sementara ini akan dibahas lebih lanjut oleh tim besar Direktorat Standarisasi dan Akreditasi Perpustakaan Nasional RI, sebelum akhirnya diperoleh nilai akreditasi tetap.

Open chat
Salam Literasi,
hai adakah yang bisa kami bantu ?