Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karanganyar melaksanakan kegiatan ROLASAN #6 “Roadshow Literasi Anak Karanganyar di  SMK Negeri Jenawi pada Hari Senin, 2 Oktober 2023

Roadshow Literasi Anak Karanganyar (ROLASAN) adalah program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Kegiatan ini merupakan inovasi dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dalam rangka peningkatan Pembudayaan Kegemaran Membaca khususnya pelajar di Kabupaten Karanganyar sebagaimana dalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Pasal 8 huruf d berbunyi Pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota berkewajiban: menggalakkan promosi gemar membaca dengan memanfaatkan perpustakaan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk untuk menciptakan masyarakat membaca (reading society), masyarakat belajar (learning society) dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang ditandai dengan terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas serta meningkatkan jumlah pengunjung perpustakaan.

Kegiatan ROLASAN #6 “Roadshow Literasi Anak Karanganyar” di SMK Negeri Jenawi diantaranya Pentas Seni, SERULING(Serunya Perpustakaan Keliling), Sosialisasi Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Karanganyar, Chit Chat dan kuis yang bertabur hadiah yang diikuti oleh siswa-siswi SMK Negeri Jenawi dan SMP Negeri 1 Jenawi.

Acara ROLASAN #6 dibuka dengan penampilan Tari Karang Tumandang dari Siswi SMK Negeri Jenawi, dilanjutrkan dengan menyanyikan lagu Indonesia raya yang dipimpin oleh Ibu Agustin Risdianingsih. Selanjutnya Doa dipimpin oleh Bapak Jumadi dari Disarpus Karanganyar. Laporan Kegiatan Rolasan disampaikan oleh Kepala Bidang Perustakaan, Bapak Kamto, S.I..,M.M. Acara ini disambut langsung oleh Kepala SMK Nnegeri Jenawi, Bapak Walujo, S.Pd, MT dan Sekretaris Camat, Bp Drs. Sutrisno, M.M.

Pentas seni yang ditampilkan adalah penampilan Vokal dari Siswi SMK Negeri Jenawi, Ananda Kayla dan Eka. Pencak Tunggal Baku dari Siswa SMP Negeri 1 Jenawi yaitu Ananda M. Bagus Rosyid,  Penampilan Vokal siswi SMP Negeri 1 Jenawi, Ananda Arifah dan Sabrina.

Sosialisasi Layanan Perpustakaan Umum Kabupaten Karanganyar disampaikan oleh Kak Etik Nur Cahyani, beliau merupakan Pustakawan di Disarpus Kabupaten Karanganyar. Selanjutnya Chit-Chat (berbagi cerita menuai cita) mengangkat tema “Memiliki Personal Branding” yang disampaikan oleh Narasumber Muhammad Abdunnaim Alghifari. Beliau adalah Penyiar Radio Solopos dan juga MC di berbagai acara. Tema Personal Branding diangkat karena sesuai dengan usia siswa SMP dan SMA, sebagai bekal untuk mempersiapkan masa depan.

Acara ditutup dengan pengundian Doorprize utama oleh Kepala SMK Negeri Jenawi. Rolasan #5 di SMK Negeri 1 Jenawi dilaksanakan atas kerjasama dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karanganyar dengan SMK Negeri 1 Jenawi dan SMP Negeri 1 Jenawi.



























Open chat
Salam Literasi,
hai adakah yang bisa kami bantu ?