Pada hari Rabu (6/12/2023), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karanganyar, mengundang ratusan siswa Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Jumantono untuk merasakan keseruan dalam acara “Srundeng” atau “Serunya Dongeng Bareng dan Seruling” (Serunya Perpustakaan Keliling) dalam rangka Roadshow Literasi Anak Karanganyar (Rolasan). Acara ini dilaksanakan di Aula Korwilcam Kecamatan Jumantono.

Peserta acara, yang terdiri dari siswa-siswi SD, sangat  menikmati berbagai kegiatan literasi yang menarik dan mendidik. “Srundeng” menjadi salah satu daya tarik utama, memberikan pengalaman menyenangkan sekaligus edukatif melalui dongeng dan seruling. Serunya Perpustakaan Keliling turut diselenggarakan, menambah keseruan acara dengan membawa buku-buku bermanfaat dan mendidik ke dekat peserta.

Roadshow Literasi Anak Karanganyar (Rolasan) ini menjadi sarana efektif untuk mempromosikan minat baca sejak dini dan memberikan pengalaman berharga kepada anak-anak dalam dunia literasi. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan budaya literasi di wilayah Jumantono, Kabupaten Karanganyar.

Foto bersama Tim Rolasan

Acara Rolasan yang diselenggarakan di Aula Korwilcam Pendidikan Kecamatan Jumantono merupakan putaran kedelapan yang telah diinisiasi oleh Dinas Kearsipan Kabupaten Karanganyar. Sebelumnya, kegiatan serupa telah dilaksanakan di enam kecamatan lainnya. Rolasan tidak hanya diadakan khusus untuk murid SD, melainkan juga diperluas kepada siswa SMP dan SMA, serta melibatkan pemerintah desa di Kabupaten Karanganyar. Tujuan dari melibatkan pemerintah desa adalah agar mereka dapat menyebarkan manfaat literasi ini kepada warganya. Bapak Heriyadi Wasito, S.E., M.M., Kepala Bidang (Kabid) Perpustakaan Disarpus Kabupaten Karanganyar, didalam sambutanya menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan rolasan adalah untuk meningkatkan minat baca anak-anak pada usia dini, baik dalam membaca secara daring maupun luring, mengingat perkembangan zaman yang semakin menuju era digitalisasi

Jumlah  peserta dalam acara Rolasan kali ini melebihi target yang telah ditetapkan. Awalnya, hanya enam sekolah dasar negeri di Kecamatan Jumantono yang menjadi target peserta, mengingat kegiatan ini dilaksanakan di wilayah yang tidak jauh dari lokasi tersebut. Namun, antusiasme dari sekolah-sekolah sangat tinggi, sehingga sebanyak 27 sekolah dasar negeri akhirnya turut serta dalam menyemarakkan program Rolasan.

Open chat
Salam Literasi,
hai adakah yang bisa kami bantu ?