TUGAS DAN FUNGSI

Berdasarkan peraturan Bupati Karanganyar Nomor 117 Tahun 2021 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi, Serta Tata Kerja Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dipimpin oleh Kepala Dinas yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.  Kepala Dinas mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan bidang Kearsipan dan Perpustakaan yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada Daerah. Dalam melaksanakan tugas,  sebagaimana dimaksud, Kepala Dinas mempunyai fungsi : perumusan kebijakan bidang kearsipan dan perpustakaan; pelaksanaan koordinasi kebijakan kearsipan dan perpustakaan; pelaksanaan kebijakan kearsipan dan perpustakaan; dan pelaksanaan evaluasi dan pelaporan bidang kearsipan dan perpustakaan.

Bidang Sekretariat

Sekretariat mempunyai tugas melakukan perencanaan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, pengoordinasian, pemantauan, evaluasi, pelaporan meliputi pembinaan ketatausahaan, hukum, keuangan, aset, kerumahtanggaan, kerjasama, kearsipan, dokumen, keorganisasian dan ketatalaksanaan, kehumasan, kepegawaian, pelayanan administrasi.

Sekretariat mempunyai fungsi:

1.   Pengoordinasian kegiatan   dan    penyusunan    rencana   dan    program kerja;

2. Pembinaan administrasi yang meliputi ketatausahaan,kepegawaian, keuangan, kerumahtanggaan, hubungan masyarakat, arsip dan dokumentasi serta kerjasama di lingkungan Dinas;

3.   Pengoordinasian tatalaksana dan hubungan masyarakat serta bahan publikasi;

4.   Penyelenggaraan pengelolaan barang milik/kekayaan Daerah dan pelayanan pengadaan barang/jasa;

5.   Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugasnya;

6.   Pelaksanaan ketatalaksanaan dan hubungan masyarakat serta bahan publikasi;

7.   Pengelolaan data dan informasi di bidang perpustakaan dan kearsipan;

8.   Pengoordinasian dan pelaksanaan kerja sama di bidang perpustakaan dan kearsipan;

9.   Pelaksanaan survei kepuasan masyarakat;

10.   Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan tugas dan fungsi Sekretariat; dan

11.   Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai bidang tugasnya.

Bidang Kearsipan

Melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan urusan pemerintahan daerah dibidang kearsipan serta melaksanakan tugas pembantuan sesuai dengan bidang tugasnya.

Bidang Kearsipan mempunyai fungsi:

1.   Menyusun rencana kegiatan Pengelolaan Kdearsipan dan Dokumentasi;

2.   Menyiapkan bahan kerjasama teknis jaringan informasi di bidang kearsipan;

3.   Melaksanakan kegiatan pendataan dan pengumpulan arsip in-aktif;

4.   Melaksanakan kegiatan penerimaan dan pengumpulan arsip in-aktif;

5.   Melakukan pengolahan data arsip daerah;

6.   Melakukan penyerahan dan pendistribusian arsip;

7.   Melaksanakan kegiatan pencatatan dan pengelolaan arsip daerah;

8.   Melaksanakan Kegiatan pemilahan    dan pemindahan arsip;

9.   Melakukan penilaian atas penyusutan arsip;

10.   Menyimpan, merawat, mengawetkan dan memproduksikan arsip;

11.   Melaksanakan kegiatan penjilidan dan restorasi arsip; dan

12.   Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Kantor sesuai dengan bidang tugasnya.

Bidang Perpustakaan

Bidang Perpustakaan mempunyai tugas melakukan perencanaan perumusan, pengkoordinasian pelaksanaan, pembinaan dan fasilitasi, pemantauan, evaluasi serta pelaporan kebijakan bidang pengelolaan perpustakaan tingkat daerah, pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi komunikasi ( TIK ), layanan digitalisasi informasi berbasis teknologi, pemutakhiran informasi dan koleksi bahan perpustakaan, pembudayaan gemar membaca tingkat daerah, pelestarian naskah kuno milik daerah dan pengembangan koleksi budaya etnis nusantara yang ditemukan oleh pemerintah daerah.

Bidang Perpustakaan mempunyai fungsi:

1.   Perencanaan, pemantauan, pengendalian dan pelaksanaan layanan perpustakaan;

2.   Perencanaan, pemantauan, pengendalian dan pelaksanaan pemeliharaan pustaka, prasarana dan sarana perpustakaan;

3.   Perencanaan, pemantauan, pengendalian dan pelaksanaan pembaruan pustaka;

4.   Penyediaan sumberdaya informasi untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pelayanan;

5.   Pengumpulan, pengolahan, penyimpanan dan pelestarian serta penyebarluasan hasil karya ilmiah;

6.   Penyediaan dan pengupayaan kemudahan akses informasi perpustakaan bagi seluruh pemustaka;

7.   Pengembangan jejaring informasi perpustakaan;

8.   Pengembangan bahan Pustaka; dan

9.   Penciptaan lingkungan baca yang tertib, nyaman dan bersahabat.Pera  

Open chat
Salam Literasi,
hai adakah yang bisa kami bantu ?