SEJARAH DINAS

SEJARAH BERDIRINYA LEMBAGA KEARSIPAN DAERAH

KABUPATEN KARANGANYAR

Gedung Dinas kearsipan dan perpustakaan

A. Sejarah

Lembaga kearsipan di Kabupaten Karanganyar berdiri pertama kalinya dilatarbelakangi atas  dasar peningkatan kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di bidang kearsipan di daerah agar lebih berdaya guna dan berhasil guna, maka perlu dibentuk Kantor Arsip Daerah di Kabupaten Karanganyar yang merupakan Unit Pelaksana Daerah (UPD) dengan ditetapkannya Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 4 Tahun 1998 tanggal 23 April 1998 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Kantor Arsip Daerah Kabupaten Daerah Tingkat II Karanganyar dan lokasinya menempati bangunan bekas Rumah Sakit Umum Daerah “Kartini” Kabupaten Karanganyar di Jl.Lawu Karanganyar dan sebagai Pimpinan (Kepala Kantor) saat itu adalah Dra.Sulistyaningsih. sedangkan depo arsip letaknya jauh dari gedung induk tepatnya 3 km ke arah barat dibelakang Bank Daerah Kabupaten Karanganyar.

Pada tahun 1999 sejalan dengan pelaksanaan otonomi daerah dengan ditetapkannya Undang-Undang No. 22 tahun 1999 tentang Pemerintahan Daerah yang menjadi pedoman dikeluarkannya Peraturan Daerah No. 10 tahun 2001, tanggal 15 Pebruari 2001, tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Karanganyar dengan nomenklatur yang baru yaitu dari hasil penggabungan instansi Perpustakaan Umum ( sebelumnya merupakan Unit Pelaksana Daerah berdasarkan Perda Nomor 13 Tahun 1996 tentang Pembentukan dan Organisasi Tata Kerja Perpustakaan Umum Kabupaten Dati II Karanganyar)  dan Kantor Arsip Daerah yang kemudian melebur menjadi Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kabupaten Karanganyar. Adapun lokasi gedung utama yang digunakan sebagai sekretariat dan pelayanan perpustakaan umum menempati gedung bekas Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karanganyar di Jl.Lawu No.385 kompleks Alun Alun Karanganyar, sedangkan Seksi Pengumpulan dan Pengelolaan Arsip masih tetap menempati di gedung bekas RSUD Kartini Karanganyar yang jaraknya 3 km kearah timur terpisah dari gedung induk.

Gedung Kantor Arsip Daerah Kabupaten Karanganyar yang

Menempati bekas gedung RSUD Kartini Karanganyar

Dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Perangkat Daerah yang pada prinsipnya dimaksudkan memberikan arah dan pedoman yang jelas kepada daerah dalam rangka menata organisasi perangkat daerah agar lebih efisien, efektif, dan proporsional sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan daerah masing masing serta dapat terwujud koordinasi, integrase, sinkronisasi dan simplikasi kelembagaan antara pemerintah pusat dan daerah, sehubungan dengan hal tersebut dalam rangka pencapaian visi, misi dan tujuan penyelenggaraan permerintah daerah perlu melakukan penataan kelembagaan Dinas Daerah Kabupaten Karanganyar dengan menetapkan Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 3 Tahun 2009 tanggal 12 Januari 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Badan Pelayananan Perizinan Terpadu dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Karanganyar, dan ditindaklanjuti dengan menetapkan Peraturan Bupati Karanganyar Nomor 10 Tahun 2009 tanggal 12 Januari 2009 tentang Uraian Tugas dan Fungsi  Jabatan Struktural pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Karanganyar. Instansi ini merupakan unsur pendukung tugas Bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah di bidang perpustakaan dan arsip di Kabupaten Karanganyar, yang merubah nomonklatur Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kabupaten Karanganyar menjadi Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Karanganyar.

Gedung Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kabupaten Karanganyar

Yang terletak di kompleks Alun Alun Karanganyar

Dalam rangka renovasi/penataan Ruang Terbuka Hijau di kompleks Alun Alun Karanganyar maka pada bulan Januari 2013 gedung Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Karanganyar yang masih berada di kompleks Alun Alun Karanganyar harus pindah lokasi dan selanjutnya menempati di Gedung bekas RSUD Kartini Karanganyar dan menjadi satu lokasi dengan Seksi Pengelolaan Arsip dan Dokumentasi.

Pada bulan Januari 2015 dalam rangka pembangunan tata ruang gedung perkantoran Dinas Kesehatan PMI dan Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (BP3AKB)  Kabupaten Karanganyar yang lokasi pembangunannya berada di bekas RSUD Kartini Karanganyar maka  Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Karanganyar harus kembali pindah lokasi dan menempati di Balai Kalurahan Cangakan Karanganyar yang hanya berukuran luas 9 x 22 meter.

Pemerintah Kabupaten Karanganyar melalui APBD II tahun 2016 menganggarkan Rp. 4,595 Milyar untuk pembangunan gedung Kantor Perpustakaaan dan Arsip Kabupaten Karanganyar yang pembangunan gedungnya dimulai pada tanggal 1 Agustus 2016 dengan waktu pengerjaannya selama 140 hari kerja.

Gedung Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Karanganyar yang

sementara menempati di Balai Kalurahan Cangakan Karanganyar

Pada tahun 2016 pemerintah menetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, yang pada prinsipnya mempunyai maksud memberikan arah dan pedoman yang jelas kepada daerah dalam rangka menata organisasi perangkat daerah yang tepat fungsi dan tepat ukuran sehingga terwujud organisasi yang efisien, efektif dan professional sesuai dengan karakteristik daerah, kebutuhan daerah, dan kemampuan daerah masing masing, serta terwujud koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan simplikasi kelembagaan antara pemerintah pusat dan daerah, sehubungan dengan hal tersebut maka dalam rangka pencapaian visi dan misi serta tujuan pemerintah daerah maka ditetapkan Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Karanganyar, dan guna  melaksanakan ketentuan pada Pasal 4 dimaksud, selanjutnya ditetapkan Peraturan Bupati Karanganyar Nomor 112 Tahun 2016 tanggal 28 Nopember 2016  tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, maka nomenklatur Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Karanganyar berubah menjadi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karanganyar.

Setelah terbentuknya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Karanganyar seiring pula dengan selesainya pembangunan gedung permanen yang baru dan megah maka pada awal bulan Januari 2017 dilaksanakan pindah gedung kantor dari lokasi Balai Kalurahan Cangakan untuk kemudian menempati di gedung baru dan megah yang jaraknya hanya 50 meter sebelah timur. Lokasi gedung baru ini sangat strategis karena berada di pusat kota dan di pinggir Jl. Lawu Karanganyar sehingga masyarakat mudah mengakses untuk mendapatkan pelayanan perpustakaan maupun dokumen arsip di Dinas Kerasipan dan Perpustakaan Kabupaten Karanganyar.

Gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan  dan Depot Arsip Kabupaten Karanganyar

Penyetaraan Jabatan adalah pengangkatan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional melalui penyesuaian/inpassing pada Jabatan Fungsional yang setara. Penyetaraan jabatan ini merupakan bagian dari proses penyederhanaan birokrasi sebagaimana diamanatkan pada Permenpan 25 Tahun 2021 tentang Penyederhanaan Struktur Organisasi Pada Instansi Pemerintah Untuk Penyederhanaan Birokrasi. Tujuan penyederhanaan birokrasi tersebut adalah untuk mewujudkan sistem penyelenggaraan Pemerintah menjadi lebih efektif dan efisien.

Pemberlakuan Permen PAN RB Nomor 17 Tahun 2021 inilah yang berdampak luar biasa terhadap system dan mekanisme kerja birokrasi terutama di lingkup Pemerintah Daerah, salah satunya adalah kewajiban pengangkatan dan pelantikan penyetaraan ke dalam jabatan fungsional dilaksanakan paling lambat tanggal 31 Desember 2021.

Sehingga Pemerintah Kabupaten Karanganyar menindaklanjuti dengan merubah SOTK di seluruh perangkat daerah, salah satunya menetapkan Peraturan Bupati Karanganyar Nomor 117 Tahun 2021 (Berita Daerah Kabupaten Karanganyar Tahun 2021 Nomor 117) tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Dinas Kearsipan dan Perpustakaan maka sekaligus mencabut Peraturan Bupati Karanganyar   Nomor 112 Tahun 2016, dengan susunan organisasi terdiri dari :

      1. Kepala Dinas
      2. Sekretariat
      3. Bidang Kearsipan
      4. Bidang Perpustakaan
      5. UPTD
      6. Kelompok Jabatan Fungsional

Dalam Perbup Nomor 117 Tahun 2021 tersebut telah menyederhanakan birokrasi dengan menyetarakan eselon IV ke dalam Jabatan Fungsional.

B. Pimpinan yang Pernah Menjabat

Dra. Sulistyaningsih
Kepala Lembaga Kearsipan Daerah Tahun 1999 s/d 2001
Dra. Uning Sri Wahyuni
Kepala Lembaga Kearsipan Daerah Tahun 2001 s/d 2005
Sudjadi,SH,M.Hum
Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Tahun 2005 s/d 2008
Dra. Sri Wahyuni
Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Tahun 2009 s/d 2011
Drs. Edy Yusworo, MM
Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Tahun 2011 s/d 2015
Susamti, SS,MM
Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Tahun 20015 s/d 2017
Bambang Harsono SE.MM
Kepala Dinas Kearsipan dan PerpustakaanTahun 2017 s/d 2021
Drs.Sugeng Raharto, M.Si
Kepala Dinas Kearsipan dan PerpustakaanTahun 2021 s/d 2022
Nurhayati,A.P,M.M.
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Tahun 2022 s/d sekarang 
Open chat
Salam Literasi,
hai adakah yang bisa kami bantu ?